Ancaman El Nino Perlu Disikapi Serius
Ancaman El Nino Perlu Disikapi Serius

Ancaman El Nino Perlu Disikapi Serius

Diposting pada

Lubuklinggau, Linggautoday.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa memimpin rapat koordinasi terkait langkah-langkah mitigasi ancaman El Nino terhadap inflasi Kota Lubuklinggau di ruang rapat Lt. 3 Perkantoran Pemkot Lubuklinggau, Jumat (1/9/2023).

Staf Ahli II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, AH Ritonga menyampaikan betapa pentingnya peranan TPID dalam menangani inflasi akibat El Nino sekaligus perlu menjadi perhatian khusus.

“Pemerintah pusat juga telah menginstruksikan untuk melakukan tindakan serius dalam upaya pengendalian inflasi menghadapi potensi dampak fenomena El Nino di sektor pangan,” ungkapnya.

Sekda, H Trisko Defriyansa menjelaskan bahwa dengan adanya fenomena El-Nino yang mengakibatkan kekeringan perlu dilakukan mitigasi dan langkah-langkah antisipasi dampak El-Nino.

Pemkot Lubuklinggau memandang serius dampak El-Nino dan melakukan mitigasi serta antisipasi sedini mungkin karena hal tersebut akan berpengaruh pada produksi pertanian, stok pangan, distribusi dan harga komoditi pangan di lapangan.

Disamping itu dampak El-Nino juga dapat berpengaruh pada kekurangan air, termasuk air bersih, kebencanaan, kebakaran dan kesehatan warga masyarakat.

“Dengan adanya koordinasi yang lebih intensif, diharapkan inflasi dapat terjaga sesuai sasaran inflasi yang telah ditetapkan,” tegas Sekda.

Turut hadir dalam rapat ini Kepala BPS Lubuklinggau, Chairanita Kurniarita, perwakilan Bappedalitbang, Disperindag, Dispang, Dinkop UKM, Dinsos, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dishub.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *