Poto: dok, disbudpar.musirawaskab

Danau Aur: Destinasi Wisata Surga Alam di Musi Rawas

Diposting pada

Danau Aur, sebuah surga alam yang terletak di Musi Rawas, Lubuklinggau, dan sekitarnya, telah menjadi tujuan utama bagi masyarakat yang ingin menikmati keindahan alam. Pada hari libur, tempat ini sangat diminati, dan tak ada keraguan bagi masyarakat untuk membawa keluarga mereka guna bersantai dan menikmati hidup bersama.

Namun, Danau Aur tidak hanya menjadi tempat rekreasi biasa. Tempat ini sering digunakan sebagai latar belakang untuk berburu foto indah, bahkan beberapa pasangan memilihnya sebagai tempat sesi foto prewedding. Di balik keindahannya, Danau Aur juga memiliki sejarah yang menarik.

Sejarah Danau Aur

Danau Aur sebenarnya merupakan bagian dari irigasi Sungai Aur. Awalnya, danau ini hanyalah rawa di hulu Sungai Aur yang digunakan untuk mengaliri sawah-sawah di sekitar sumber harta masyarakat. Dengan luas sekitar 40 hektar dan kedalaman mencapai 20 meter, danau ini pertama kali berdiri pada tahun 2011.

Ketika pertama kali dibangun, Danau Aur belum begitu ramai dikunjungi. Namun, pemerintah daerah Kabupaten Musi Rawas melihat potensinya dan mulai melakukan peningkatan yang signifikan. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah wisatawan, termasuk wisatawan lokal dan internasional, yang datang untuk menikmati keindahan Danau Aur.

Lokasi Danau Aur

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Danau Aur dari Kota Lubuklinggau, Anda hanya perlu berkendara selama sekitar 30 menit hingga 1 jam dari Simpang Priuk Kota Lubuklinggau. Setelah sampai di Simpang Priuk, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Kecamatan Sumber Harta. Setibanya di Desa Sumber Jaya, Anda akan dengan mudah menemukan Danau Aur karena lokasinya berada tepat di pinggir jalan.

Alamat lengkap Danau Aur:

Dengan perkembangan yang pesat, pemerintah daerah Sumatera Selatan turut mendukung pengembangan Danau Aur. Salah satu buktinya adalah pembangunan Perpustakaan Terapung pertama di Sumatera Selatan.

Perpustakaan terapung ini diresmikan pada tanggal 5 Januari 2016, dan Bupati Musi Rawas, H. Riki Junaidi, berharap bahwa minat membaca masyarakat akan terus meningkat berkat kehadiran perpustakaan ini. Dengan perpustakaan ini, Anda dan keluarga dapat bersenang-senang sambil memperoleh pengetahuan. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi perpustakaan ini?

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke Danau Aur sangat terjangkau, hanya Rp 23.000 untuk orang dewasa, sementara anak-anak masuk gratis. Untuk parkir kendaraan bermotor, biayanya berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Dan untuk masuk ke rumah-rumah apung yang menjadi daya tarik utama, Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000, sementara anak-anak masih bisa masuk tanpa biaya tambahan.

Untuk memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, Anda dapat menyewa angsa atau bebek mainan untuk mengelilingi danau, dengan biaya sekitar Rp 20.000 per kali penggunaan.

Danau Aur, yang awalnya merupakan daerah persawahan, kini telah menjadi salah satu destinasi objek wisata air yang menarik perhatian. Dengan keindahan alamnya dan beragam fasilitas yang ditawarkan, tempat ini memang pantas untuk dikunjungi oleh siapa saja yang ingin merasakan pesona alam Musi Rawas.

Sumber: infollg

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *