Dengan Semangat HD Lepas Kegiatan Jalan Santai Heart Walk 2023

Diposting pada

Sumsel, Linggautoday.com – Kamis, 28 September 2023, Gubernur Sumsel H. Herman Deru dengan penuh semangat melepas peserta jalan santai Heart Walk 2023 dan menyaksikan pemecahan Rekor MURI dalam kegiatan Meraba Nadi Sendiri yang digelar oleh Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Sumsel. Acara ini berlangsung di Halaman Kantor Gubernur Sumsel, dengan tujuan meningkatkan kesadaran akan kesehatan jantung serta mencetak rekor unik.

Dalam rangkaian acara yang berlangsung meriah, tidak hanya pemecahan Rekor MURI untuk MENARI yang menjadi sorotan, tetapi juga kegiatan pemeriksaan mandiri denyut nadi diri sendiri yang dilakukan serentak di berbagai kota di Indonesia. Sementara itu, peserta juga diajak untuk mengikuti sosialisasi mengenai Bantuan Hidup Dasar (BHD).

Dilansir dari Indonesia.go.id, Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya, yang mewakili Gubernur dalam memberikan sambutan, mengungkapkan data yang mencengangkan dari World Health Organization (WHO). Menurut WHO, penyakit kardiovaskuler, yang melibatkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah, menjadi penyebab 70% kematian di dunia. Dari 39,5 juta kematian akibat penyakit tidak menular, 45% di antaranya disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah. Ini juga berlaku di Indonesia.

Di tanah air, penyakit kardiovaskular merenggut nyawa sebanyak 651.481 penduduk per tahun. Angka tersebut terdiri dari 331.349 kematian akibat stroke, 245.343 kematian karena penyakit jantung koroner, 50.620 kematian terkait penyakit jantung hipertensi, dan kasus penyakit kardiovaskular lainnya.

Namun, data Kesehatan Riskesdas tahun 2018 menunjukkan bahwa di Provinsi Sumatera Selatan, prevalensi penyakit jantung lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata nasional. Prevalensi penyakit jantung di Sumsel mencapai 1,2%, sedangkan rata-rata nasional sebesar 1,5%. Meskipun demikian, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan mencatat bahwa pada tahun 2021, terdapat 11.213 orang yang mengalami kesakitan akibat penyakit jantung, menyumbang sekitar 11% dari laporan kejadian penyakit di daerah tersebut.

Kegiatan Heart Walk 2023 dan pemecahan Rekor MURI MENARI ini diharapkan dapat menjadi langkah nyata dalam upaya pencegahan dan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan jantung. Dengan semangat yang sama, masyarakat di seluruh Indonesia diingatkan akan urgensi menjalani gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung yang menjadi penyebab kematian tertinggi di negara ini.

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *