Poto: dok, info publik

Kominfo Ambil Langkah Wujudkan Indonesia Digital 2045

Diposting pada

Jakarta – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menetapkan langkah-langkah afirmatif yang bertujuan untuk mewujudkan Visi Indonesia Digital (VID) 2045. Hal ini diungkapkan oleh Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, dalam Rapat Kerja Nasional APJII – Menuju Indonesia Digital 2045 di Surakarta, pada Selasa (26/9/2023).

Dilansir dari infopublik.id, Menteri Budi Arie Setiadi menjelaskan bahwa VISI Indonesia Digital 2045 adalah sebuah panduan untuk berbagai inisiatif transformasi digital nasional. Untuk mencapai visi tersebut, Kementerian Kominfo telah bersama-sama dengan para pemangku kepentingan, termasuk APJII, menerapkan beragam kebijakan afirmatif.

Salah satu langkah afirmatif yang telah diambil adalah percepatan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Indonesia. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa akses digital dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat, termasuk yang berada di daerah terpencil. Selain itu, penguatan literasi digital di seluruh lapisan masyarakat juga menjadi fokus penting dalam upaya mencapai Visi Indonesia Digital 2045.

Menteri Budi Arie Setiadi juga menekankan pentingnya kolaborasi dengan kementerian dan lembaga terkait dalam mencapai tujuan ini. Kemitraan yang kuat akan mendukung upaya transformasi digital nasional.

Selain langkah-langkah tersebut, Kementerian Kominfo sedang mempersiapkan Indeks Transformasi Digital Nasional (TDN). Indeks ini akan digunakan untuk mengukur kemajuan dalam transformasi digital di berbagai wilayah Indonesia.

Namun, Menteri Kominfo juga mengakui bahwa masih ada tantangan yang perlu diatasi, terutama terkait dengan perlindungan data dan keamanan siber. Di Indonesia, isu-isu terkait dengan pelanggaran data dan penyebaran disinformasi semakin marak. Oleh karena itu, Kementerian Kominfo secara aktif melaksanakan pemutusan akses dan takedown terhadap konten bermuatan negatif.

Penting untuk dicatat bahwa pengguna internet global saat ini mencapai angka 5,16 miliar, yang setara dengan 64,4 persen dari total populasi global. Bank Dunia bahkan memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi digital akan berkontribusi lebih dari 15 persen terhadap produk domestik bruto (PDB) global. Ini menunjukkan betapa pentingnya transformasi digital dalam mendorong perkembangan ekonomi dan masyarakat di Indonesia.

Melalui langkah-langkah afirmatif dan kolaborasi yang kuat dengan para pemangku kepentingan, Kementerian Kominfo berkomitmen untuk mewujudkan Visi Indonesia Digital 2045 yang ambisius dan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *