Poto: dok, Sahabat HDMY

Kunjungan Gubernur Sumsel Memberikan Bantuan Pertanian di Oku Timur

Diposting pada

Sumsel – Gubernur Sumsel, H. Herman Deru, menghadiri kunjungan kerja ke Kabupaten OKU Timur, di mana ia melakukan penyerahan bantuan sarana dan prasarana pertanian serta penghargaan kepada Bupati OKU Timur atas dedikasinya dalam membangun bidang pertanian. Acara ini berlangsung di Desa Srimulyo (Tapus), Kecamatan Madang Suku II, Kabupaten OKU Timur, pada Sabtu (16/9).

Dalam sambutannya, Gubernur Herman Deru mengakui peran penting petani OKU Timur dalam membuat Sumatera Selatan menjadi salah satu produsen beras terbesar di Indonesia. Ia juga mewakili Menteri Pertanian dalam memberikan penghargaan kepada Bupati OKU Timur atas dedikasi dan kontribusinya dalam meningkatkan produksi beras. Produksi beras OKU Timur bahkan mencapai peringkat 4 nasional dengan provitas sebesar 6,36 ton per hektar.

Gubernur Deru merasa bangga dengan pencapaian ini dan mengingatkan bahwa OKU Timur memiliki potensi besar dalam memenuhi kebutuhan pangan di wilayah tersebut. Dengan lahan yang luas dan irigasi yang baik, masyarakat harus memanfaatkannya dengan bijak. Hal ini melibatkan pelatihan petani bersama ribuan penyuluh P2EP untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Selain itu, Gubernur Herman Deru juga menyoroti upaya perbaikan irigasi sepanjang 119.000 meter di Sumatera Selatan sebagai komitmen untuk mendukung pertanian. Meskipun demikian, ia menyadari bahwa untuk mencapai peningkatan produksi pangan yang diinginkan, semangat petani adalah kunci utamanya.

Oleh karena itu, Gubernur Deru memberikan bantuan sarana dan prasarana pertanian kepada petani OKU Timur sebagai bentuk dukungan. Selain itu, ia mengapresiasi peran besar petani dalam peningkatan produksi Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2022, dan berharap mereka akan terus berkontribusi pada tahun 2023.

Beberapa peralatan pertanian yang diserahkan secara simbolis meliputi Combine Harvester, Traktor Roda 4, Rice Milling Unit (Pemprov), Traktor Roda 2, Rice Transplanter, Pompa Air, Cultivator, Pupuk Organik Cair, Benih Padi, Benih Sayuran, Jalan Hasil Tani, Listrik Masuk Sawah, dan Bibit Duku.

Bupati OKU Timur, H. Lanosin, merasa bangga atas penghargaan ini dan optimistis bahwa produksi padi di OKU Timur dapat mencapai 1 juta ton GKP dan GKG. Hal ini menjadi langkah positif dalam mendukung ketahanan pangan daerah dan nasional.

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *