Menkominfo Resmikan ASEAN Newsroom 
Menkominfo Resmikan ASEAN Newsroom 

Menkominfo Resmikan ASEAN Newsroom

Diposting pada

Jakarta, Linggautoday.com – Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi meresmikan ASEAN Newsroom atau Kantor Berita ASEAN. Pembentukan ASEAN Newsroom merupakan inisiatif Keketuaan Indonesia Tahun 2023 untuk mendorong partisipasi dan memperkuat sinergi antar kantor berita negara anggota ASEAN.

“Melalui ASEAN Newsroom diharapkan kerja sama antar kantor berita dalam bertukar informasi maupun saling mengamplifikasi berita dapat menjadi lebih mudah berjalan  sekaligus memperluas cakupan pemberitaan,” ujarnya saat meresmikan secara simbolis di  Media Center KTT ke-43 ASEAN, Hall B Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Senin (04/09/2023).

Dengan pergeseran dari nilai yang semula berfokus pada negara menjadi fokus pada masyarakat, Menteri Budi Arie mengharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi yang lebih luas dalam berbagai agenda ASEAN ke depan.  

“Juga diharapkan dapat memupuk kebersamaan antarmasyarakat kawasan Asia Tenggara. Saling mengekspos hal-hal yang baik, menjadi inspirasi buat negara lain di ASEAN,” ungkapnya. 

Lebih dari itu, Menkominfo menyatakan pembentukan ASEAN akan dapat meningkatkan solidaritas antarkantor berita ASEAN sekaligus memperluas cakupan pemberitaan.

“Selain sebagai wadah kerja sama, ASEAN Newsroom yang diinisiasi oleh Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 juga ditujukan untuk menyebarluaskan beragam program, kinerja, dan capaian kawasan Asia Tenggara melalui pemberitaan yang aktual, faktual, dan terpercaya,” jelasnya.

Bahkan, dalam jangka panjang, Menkominfo menyatakan keberadaan ASEAN akan dapat mewujudkan sesuai dengan visi ASEAN untuk melibatkan masyarakat atau people centered.

“ASEAN Newsroom dapat memperkokoh keberadaan ASEAN untuk jangka panjang, maka ini harus juga ke masyarakatnya, jangan cuman di tingkat negara. Orang-orang atau masyarakat di ASEAN perlu pemberitaan dari seluruh negara-negara ASEAN,” tandasnya.

Menurut Menteri Budi Arie Setiadi, keberadaan ASEAN  akan dibentuk secara permanen dan beroperasi di Jakarta Pusat dengan kantor di Gedung LKBN Antara.

“ASEAN Newsroom ini dicetuskan saat Keketuaan Indonesia 2023. Kita kan fondasinya sudah terbentuk, kita terus sosialisasikan ke masyarakat,” ungkapnya.

Selama KTT ke-43 ASEAN, Kementerian Kominfo menghadirkan ASEAN Newsroom Corner di Media Center. Tugas pertama ASEAN  menyukseskan pelaksanaan dan peliputan agenda selama KTT ASEAN ke-43.

Dalam peresmian itu hadir Wamenkominfo Nezar Patria, Direktur Utama LKBN Akhmad Munir, Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah, dan Direktur Jenderal Inforamsi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *