Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan Poto: dok, info publik

Polri Terjunkan 2.130 Personel Amankan Tahapan Pemilu 2024

Diposting pada

Jakarta – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah mengumumkan pengiriman 2.130 personel dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Langkah ini merupakan bagian dari Operasi Mantap Brata 2023-2024 yang dicanangkan oleh Polri untuk memastikan proses demokrasi berjalan dengan aman dan tertib.

Dilansir dari infopublik.id, dalam keterangan resmi yang disampaikan oleh Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan, pada Senin (25/9/2023), operasi ini akan berlangsung selama 222 hari dan melibatkan personel dari Mabes Polri serta personel polda di seluruh wilayah Indonesia.

“Jumlah personel yang dilibatkan dalam Operasi Mantap Brata 2023-2024 yaitu Mabes Polri 2.130 personel,” kata Brigjen Ahmad Ramadhan. “Personel Mabes Polri didukung kekuatan personel polda yang disesuaikan dengan anggaran Operasi Mantap Brata 2023-2024.”

Operasi Mantap Brata 2023-2024 ini terdiri dari berbagai satuan tugas yang memiliki peran yang berbeda. Di tingkat Mabes Polri, terdapat sembilan satuan tugas, sedangkan di polda ada tujuh satuan tugas dan di tingkat polres ada enam satuan tugas.

Brigjen Ramadhan menjelaskan, “Satgas operasi pusat terdiri dari satgas preemtif, satgas preventif, satgas tindak, satgas penegakan hukum, dan satgas pengamanan calon presiden dan calon wakil presiden.” Selain itu, ada juga satgas antiteror, satgas pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) luar negeri, satgas hubungan masyarakat, dan satgas bantuan operasi.

Salah satu aspek penting dari operasi ini adalah pengamanan TPS. Pola pengamanan TPS akan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu TPS kurang rawan, TPS rawan, dan TPS sangat rawan, sesuai dengan tingkat kerawanan di setiap wilayah.

“Pola pengamanan TPS akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan,” jelas Brigjen Ramadhan, menekankan pentingnya adaptasi dalam menjaga keamanan selama proses Pemilu.

Dengan keterlibatan 2.130 personel dari Polri, serta dukungan dari personel polda, diharapkan tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar, aman, dan transparan, sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam demokrasi dengan nyaman dan tanpa hambatan. Operasi Mantap Brata 2023-2024 akan menjadi penjagaan ketat demi menjaga integritas proses pemilihan di Indonesia.

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *