Foto: dok, detik

Tokopedia Kolaborasi dengan Pemerintah Yogyakarta untuk Kemudahan Pembayaran Pajak

Diposting pada

Yogyakarta, Linggautoday.com, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-267 Yogyakarta, Tokopedia telah mengukuhkan komitmennya untuk berkolaborasi dengan pemerintah daerah Yogyakarta dalam rangka meningkatkan akses digital terutama untuk layanan publik, khususnya dalam hal pembayaran pajak. Melalui inisiatif “Loket Pajak Tokopedia,” perusahaan e-commerce ini berupaya mendukung pembangunan daerah dan memudahkan masyarakat dalam membayar pajak.

Dikutip dari detik.com, Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menyampaikan sejumlah dampak positif dari tren pembayaran pajak online di Yogyakarta. Misalnya, Tokopedia mencatat peningkatan nilai transaksi pembayaran retribusi secara online, khususnya di Yogyakarta, yang meningkat lebih dari 4 kali lipat selama kuartal III 2023 dibandingkan dengan kuartal III 2022. Selain itu, Tokopedia juga mencatat lonjakan nilai transaksi pembayaran Pajak Daerah Lainnya (PDL) di Yogyakarta hingga lebih dari 8 kali lipat.

Rizky Juanita Azuz mengatakan, “Menyambut HUT ke-267 Yogyakarta, Tokopedia konsisten berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Yogyakarta untuk penyediaan akses digital pelayanan publik lewat fitur pembayaran pajak, seperti PDL, Retribusi, dan masih banyak lagi, dengan lebih dari 65 metode pembayaran yang tersedia di Tokopedia.”

PDL, atau pajak daerah, mencakup berbagai jenis pajak seperti Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Pajak Hiburan, Pajak Penerangan Jalan, Pajak Parkir, Pajak Air Tanah, hingga Pajak Sarang Burung Walet.

Rizky Juanita Azuz juga menambahkan, “Saat ini, kemudahan pembayaran online Pajak Daerah Lainnya di Yogyakarta melalui Tokopedia sudah tersedia di Kota Yogyakarta, Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul, Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Kulon Progo, dan akan terus berkembang ke daerah-daerah lain di Yogyakarta.”

Sementara itu, Retribusi daerah adalah pajak yang dikenakan oleh pemerintah daerah sebagai pembayaran atas jasa atau izin tertentu yang disediakan atau diberikan oleh pemerintah daerah.

Rizky Juanita Azuz menyatakan, “Masyarakat di Yogyakarta juga lebih mudah membayar Retribusi secara online melalui Tokopedia. Saat ini, kemudahan pembayaran online Retribusi berlaku untuk Retribusi Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Retribusi Kota Yogyakarta, Retribusi Kabupaten Sleman, Retribusi Kabupaten Bantul, dan akan terus berkembang ke daerah lainnya.”

Kolaborasi antara Tokopedia dan pemerintah daerah di Yogyakarta dalam penyediaan akses digital untuk pembayaran pajak memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam memenuhi kewajiban pajak mereka dan pada saat yang sama mendukung perkembangan ekonomi dan pelayanan publik di daerah tersebut.

Pembayaran pajak adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi oleh setiap individu atau badan usaha. Namun, dengan kemajuan teknologi dan perkembangan platform e-commerce seperti Tokopedia, kini membayar pajak bisa menjadi lebih mudah dan efisien. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membayar pajak secara online melalui Tokopedia:

1. Cari ‘Loket Pajak Tokopedia
Pertama, buka aplikasi Tokopedia atau kunjungi situs web resmi Tokopedia. Di kolom pencarian aplikasi atau situs, ketikkan “Loket Pajak Tokopedia.”

2. Pilih Jenis Pajak
Setelah menemukan “Loket Pajak Tokopedia,” pilih jenis pajak yang ingin Anda bayar. Pilihlah jenis pajak yang sesuai dengan kewajiban Anda.

3. Pilih Provinsi dan Kota/Kabupaten
Selanjutnya, pilih provinsi dan kota/kabupaten tempat Anda harus membayar pajak. Ini penting karena tarif pajak dan jenis pajak dapat bervariasi antar daerah.

4. Masukkan Kode Bayar atau Nomor SSRD/STS
Setelah memilih provinsi dan kota/kabupaten, masukkan kode bayar atau nomor SSRD/STS yang terkait dengan pajak yang Anda bayar. Kemudian, klik tombol ‘Cek Tagihan.’

5. Pilih Metode Pembayaran
Setelah mengecek tagihan Anda, pilih metode pembayaran yang Anda inginkan. Tokopedia menyediakan berbagai metode pembayaran yang aman dan nyaman, termasuk kartu kredit, transfer bank, e-wallet, dan lainnya.

6. Lakukan Pembayaran
Setelah memilih metode pembayaran, lanjutkan dengan proses pembayaran. Ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh Tokopedia untuk menyelesaikan pembayaran pajak Anda.

7. Dapatkan Bukti Bayar
Setelah pembayaran sukses, sistem Tokopedia akan mengirimkan notifikasi berisi bukti bayar yang sah. Ini adalah bukti bahwa Anda telah membayar pajak dengan benar.

Selain memberikan kemudahan dalam membayar pajak secara online, Tokopedia juga memberikan promo khusus untuk masyarakat, termasuk di Yogyakarta, dalam rangka menyambut HUT ke-267 Yogyakarta. Pengguna dapat menggunakan kode promo ‘LOKETTKPD’ untuk mendapatkan potongan hingga Rp25.000 saat membayar pajak secara online melalui Tokopedia.

Inisiatif ini tidak hanya memberikan kenyamanan kepada pengguna, tetapi juga mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam pengumpulan pajak. Dengan adanya layanan pembayaran pajak online yang mudah diakses, diharapkan masyarakat akan lebih termotivasi untuk memenuhi kewajiban pajak mereka dengan tepat waktu, sehingga kontribusi pajak dapat digunakan untuk pembangunan dan penyediaan layanan publik yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *